Wisata Teluk Toran Kepingan Surga Tersembunyi

Wisata Teluk Toran Kepingan Surga : Satu kepingan surga dari Bumi Cenderawasih, inilah potret objek wisata Teluk Toran di Kabupaten Fakfak Papua Barat. Teluk Toran merupakan sebuah teluk yang terbentang membentuk pulau-pulau bebatuan karst dengan mayoritas tumbuhan anggrek di atasnya. Serta pada garis pantai yang dimilikinya terdapat hamparan pasir putih yang cukup luas.

Teluk Toran secara astronomis terletak pada 132°46’ BT dan 3° 38’ LS dan secara administratif termasuk di dalam wilayah Kampung Mas dan Antalisa Distrik Karas. Kabupaten Fakfak Papua Barat. Dalam literatur bahasa lokal setempat. kata “Toran” berarti “Batu duduk. Karena spot wisata Teluk Toran ini memang merupakan bebatuan karst yang posisinya berada di bawah kaki Gunung Bay.

Teluk Toran juga memiliki panjang garis pantai sekitar 4.200 Meter dan di sepanjang lepas Pantai Toran terdapat atol-atol dengan kondisi perairan yang jernih dengan kisaran jarak pandang dalam air berkisar 25 Meter. menjadikan perairan ini baik untuk pertumbuhan ekosistem karang dan habitat berbagai jenis biota laut lainnya.

Teluk ini juga memiliki laguna yang cukup luas sekitar 1 Ha, terdapat sistem aliran goa berair yang bermuara ke laguna. Lokasi objek wisata Teluk Toran memang relatif jauh dan sulit di jangkau dari pusat Kota Fakfak, karena akses satu-satunya harus melalui wilayah perairan. Waktu tempuh dari pusat Kota Fakfak ke Teluk Toran sekira 50 menit. Menggunakan Speed Boat dan 2 jam menggunakan long boat dengan 1 mesin 40 pk.

Biaya sewa transportasi untuk menuju lokasi wisata ini masih cukup mahal, dan akan lebih baik jika wisatawan datang bersama rombongan dan memiliki kenalan dekat dengan pemilik perahu. Maka akan mendapatkan harga yang lebih murah. apabila beruntung wisatawan akan menemui spot lokasi bermain Lumba-lumba, dan perairan tropis yang cukup bergelombang. Sesampainya di objek wisata Toran, wisatawan akan di sambut dengan gugusan bebatuan karst, Pohon Kelapa, dan hutan hujan tropis beserta vegatasinya yang lengkap.

Seraya berada di surga kalau kata orang-orang yang pernah datang ke tempat wisata tersembunyi ini.

Betapa tidak perjalanan yang memakan waktu lumayan lama akan terbayarkan dengan panorama alam memukau, yaitu perairan sebening kristal. Wisatawan yang baru saja tiba, tentu tak akan mampu menahan diri untuk berenang di perairan Teluk Toran ini tentunya. Bermain air kemudian melompat dari batu-batu karst ke bawah. Akan menjadi keasyikan tersendiri bersama rekan-rekan. Dipastikan ketika berada di lokasi wisata ini. Sejenak para wisatawan akan lupa dengan rutinitas kerja dan kehidupan hiruk pikuk perkotaan yang menjenuhkan.

Selain berenang, masih banyak aktivitas wisata menarik lainnya dan tak kalah seru di Teluk Toran. Misalnya memancing. melihat burung (bird watching). Serta mengamati spesimen anggrek Papua yang tumbuh sporadis di hutannya. Bagi wisatawan yang ingin melihat burung, sangat cocok sekali karena kawasan Teluk Toran ini merupakan kawasan migrasi beberapa jenis burung dan juga sangat cocok untuk memancing karena ada banyak jenis ikan di dalam lautnya.

aktivitas bakar-bakar ikan di pinggiran pantai juga bisa menjadi aktivitas yang seru apabila berkesempatan berkunjung ke salah satu wisata primadona di Fakfak Papua Barat. elain itu. Saat ini telah terbangun berbagai spot-spot foto menarik dengan booth yang instagrammable bagi kaum milenial. Wisatawan biasanya berdiri pada puncak bebatuan karst. Dan mengabadikan momen dengan latar belakang Teluk Toran.

Lalu, ada juga yang memotret dari perairan dangkal di antara kedua bebatuan karst. Hanya ingin menunjukkan beningnya air di Teluk Toran. Bagi anda wisatawan yang senang dengan panorama sunset, pemandangan matahari terbenam yang di potret dari atas puncak bebatuan Karst di Teluk Toran tak pernah mengecewakan. Nampak suguh keindahan Teluk Toran harus menjadi bucket list anda saat berkunjung ke Papua Barat, khususnya di Kabupaten Fakfak.