Tempat Wisata Di Papua yang Wajib Di Kunjungi

Tempat Wisata Di Papua-Papua memiliki tempat wisata dengan keindahan yang seakan tak akan pernah habis untuk dikunjungi. Keindahan dari darat maupun lautnya selalu menakjubkan bagi pengunjung. Selain keindahan alam bak surga ini, di Papua juga masih menjaga kearifan lokalnya sampai saat ini. Hal inilah yang membuat pulau tertimur Indonesia menjadi sangat spesial.

Jika berencana untuk ke Papua, berikut daftar tempat wisata yang bisa dijadikan referensi untuk liburan terbaik Anda.

Tempat Wisata Di Papua yang Wajib Di Kunjungi

Berikut adalah tempat wisata di papua yang wajib di kunjungi.

1. Raja Ampat

Tempat Wisata Di Papua

Tempat wisata terkenal ini merupakan tempat impian bagi seluruh pencinta alam di Indonesia. Raja Ampat ini memiliki 4 pulau kecil yang mengitarinya. Tempat ini memiliki kekayaan biota laut yang sangat banyak dan indah. Karenanya tempat ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Ketika menyelam di laut Raja Ampat ini Anda akan menemukan ribuan jenis ikan dan banyak penyu di laut ini. Menurut beberapa penelitian di laut Raja Ampat ini terdapat 75% jenis biota laut dunia berada di pulau ini.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional ini merupakan kawasan konservasi yang dijaga oleh pemerintah. Kawasan konservasi Papua ini memiliki wilayah terbesar di Indonesia yaitu dengan luas 1.453.500 hektar.

Di Teluk Cendrawasih ini Anda akan menemukan kekayaan alam bawah laut yang mengagumkan. Terdapat ratusan jenis ikan, ratusan jenis moluska, selain itu ada penyu, kura-kura, bahkan ada hiu dan lumba-lumba yang akan menemani Anda saat menyelami laut indah Teluk Cendrawasih Papua ini.

3. Taman Nasional Lorentz

Taman nasional ini merupakan taman terbesar di Asia Tenggara. Dengan taman luasan sebesar 2.4 juta hektar ini akan membuat Anda tak akan berhenti mengagumi keindahan Tuhan di pulau ini. Dan taman ini juga di jadikan sebagai warisan Dunia oleh UNESCO.

Dan Taman Nasional ini memiliki gletser di tengah tropis yang hanya dimiliki oleh tiga wilayah di dunia dan salah satunya adalah taman nasional Lorentz Papua ini. Selain keindahan alam Anda juga akan menikmati keragaman flora dan fauna di taman ini.

4. Danau Habema

Wisata ini di kenal juga dengan sebutan Danau Yuginopa. Danau indah ini mendapatkan julukan danau di atas awan karena berada di ketinggian 3.225 mdpl. Dari ketinggian danau ini Anda bisa menyaksikan banyak jenis burung eksentrik yang hanya bisa Anda lihat di pulau ini.

Padang rumput hijau di sekitar danau ini menambah kesan yang sangat menakjubkan untuk danau ini. Selain itu backround gunung bersalju juga menjadi daya tarik utama di danau ini.

5. Danau Paniai

Danau Paniai ini di kenal sebagai danau terindah di wilayah ini. Luas danau ini yaitu sekitar 14.500 hektar. Di mana di danau ini memiliki senja yang sangat indah dengan latar perahu-perahu nelayan yang mulai kembali untuk pulang. Selai indah danau ini merupakan danau yang memiliki ikan tawar terbesar di Papua.

Anda juga bisa ikut memancing bersama dengan perempuan suku Mee dan suku Moni di dekat danau ini. Fasilitas yang di sediakan di danau ini yaitu ada warung makan, tempat sewa perahu dan sewa alat mancing, ada pos jaga dan lainya. Danau ini juga di kelilingi dengan tebing-tebing dan bukit-bukit yang menambah keasrian danau ini.

7. Danau Idenberg

Keindahan danau ini harus Anda tempuh dengan berjalan kaki selama dua jam. Danau yang berada di kawasan gunung Jayawijaya ini memiliki pesona yang luar biasa. Degan ketinggian 4.313 mdpl Anda bisa merasakan keindahan yang magis di danau ini.

Selain keindahan danaunya, di sekitar danau ini di kelilingi dengan tebing batu berwarna putih. Penampakan alam indah ini memuat Anda tersihir dan tak ingin beranjak pulang dari tempat ini.

7. Danau Uter

Danau Uter ini merupakan tempat favorit bagi wisatawan. Selain airnya jernih, Anda bisa bercermin di permukaan air danau ini. Anda bisa mandi dan berendam di danau yang di kelilingi pepohonan hijau ini.

Warga sekitar belum mengelola baik tempat ini namun fasilitas berupa tempat parkir sudah di sediakan di tempat ini. Sehingga tempat ini masih kurang pengunjung, jika Anda datang Anda akan merasakan seperti memiliki danau ini seorang diri.

8. Pantai Bosnik

Pantai ini di kelilingi oleh pohon kelapa di sekitarnya. Dan pantai yang menawan hati ini selalu ramai. Selain indah Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk memasuki wilayah pantai ini.

Dan pantai Bosnik ini sangat menjadi rekomendasi untuk liburan bersama keluarga. Pantai ini menyediakan tempat kuliner khas Papua di sekitar pantai.

9. Pantai Amai

Pantai yang memberikan ketenangan bagi pengunjungnya ini sangat di minati bagi yang ingin menghabiskan waktu bersantai bersama teman-teman. Untuk menikmati keindahan pantai dalam suasana yang sepi Anda bisa berkunjung di week day.

Pantai ini menyediakan beberapa fasilitas yaitu ada gazebo, penginapan rumah panggung yang indah di sekitar pantai. Anda juga bisa bermain voly, berenang dan snorkeling di sekitar pantai ini.

10. Pantai Base-G

Pantai ini merupakan salah satu lokasi dengan kisah bersejarah yang dahulunya menjadi tempat base camp bagi pasukan perang dunia II oleh sekutu. Dan Pantai ini sangat bersih dan aman, karena sudah di jaga dan di kelola dengan baik oleh warga sekitar.

Selain keindahannya di sekitar pantai ini Anda dapat menyewa saung sebagai tempat istirahat. Ada juga warung makan yang akan memberikan Anda makanan khas Papua di sekitar pantai ini.