optimistis warga segera nikmati air bersih

optimistis warga segera nikmati air bersih: optimistis warga segera nikmati air bersihBupati Kaimana Freddy Thie di Kaimana. Beberapa hari   mengecek kembali kemajuan pekerjaan fasilitas air bersih oleh jajaran Dinas PUPR. Dua lokasi yang menjadi sasaran pengecekan yaitu sumber. Air Kali Suku dan sumber. Air Kali Tarobe yang berdekatan dengan pemukiman penduduk.

optimistis warga segera nikmati air bersih

Kata Bupati Freddy. Saat melakukan pengecekan ke dua sumber air bersih itu. Bupati Freddy di dampingi Kepala Dinas PUPR Kaimana Viktor Klau. Asisten II Setda Kaimana Deddy Ombaer. Kepala UPTD Air Bersih Kaimana Romelus Mufara. Serta jajaran Dinas PUPR Kaimana.

Dalam kesempatan itu. Bupati Freddy berdiskusi dengan pengelola air bersih UPTD Air Bersih yang sebelumnya berstatus. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) saat masih bergabung dengan Kabupaten Fakfak. Kabupaten Kaimana di mekarkan dari Kabupaten Fakfak pada 2002.

Bupati Freddy mengaku cukup puas dengan kemajuan pekerjaan fasilitas

air bersih sehingga di harapkan warga Kaimana segera dapat menikmatinya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Di Kali Sukun sudah ada tangkapan air yang bagus. Air itu nantinya akan di alirkan ke penampungan atau reservoir yang disebut IPA (Instalasi Pengolahan Air) untuk selanjutnya di teruskan ke jaringan yang tersambung ke rumah-rumah warga.

Ada beberapa hal yang butuh pembenahan segera yaitu kapasitas mesin untuk dorong air ke reservoir harus lebih besar agar aliran air lebih cepat hingga ke rumah-rumah warga. Selain itu di butuhkan pembenahan jaringan pipa lantaran ada yang bocor dan juga beberapa stop kran yang rusak serta perangkat penunjang lainnya.

Sejauh ini warga yang bermukim di Kampung Seram sudah bisa menikmati kembali air bersih dari sumber Kali Sukun. Beberapa waktu lalu Kampung Seram tidak bisa menikmati air bersih, tapi kini sudah mulai bisa menikmati air bersih. Adapun pengerjaan fasilitas air bersih dari sumber air di Kali Torabe juga segera rampung dan dalam waktu dekat bisa segera dialirkan ke rumah-rumah masyarakat.

Masih ada satu lagi sumber air untuk penduduk di Kota Kaimana yakni dari Kilometer 14. Saat ini air bersih di alirkan hingga fasilitas IPA yang berada di Kilometer 5.  air sudah sampai di IPA Kilo 5 setelah dua sampai tiga minggu melakukan pembenahan panel solarcell untuk menggerakkan pompa. Hambatannya ada sejumlah pipa yang putus tapi sudah di perbaiki sehingga air bisa sampai ke IPA.

Pemkab Kaimana berencana menggelontorkan anggaran melalui anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk membiayai perbaikan jaringan pipa di stribusi air bersih di dalam wilayah Kota Kaimana, mengingat air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

Orang nomor satu di Kabupaten Kaimana itu meminta warga mendukung upaya Pemkab setempat guna menghadirkan air bersih ke rumah-rumah penduduk. Ini kerinduan seluruh masyarakat Kaimana yang sudah bertahun-tahun di nantikan. Saya berharap masyarakat tidak melakukan pemalangan pada sumber mata air mengingat air merupakan anugerah Tuhan untuk dinikmati oleh seluruh umat manusia