KKB tembak pesawat hendak mendarat di Ilaga

KKB tembak pesawat hendak mendarat : Pesawat Sam Air dengan kode penerbangan PK РSMG sekitar pukul 10.15 Waktu Indonesia Timur. Di tembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat berada di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua. Kapolres Nduga AKBP Komang Budhiarta  membenarkan terjadinya penembakan terhadap pesawat milik Sam Air saat berada di Bandara Kenyam. KKB tembak pesawat hendak mendarat

“Pesawat tersebut di tembaki saat berada di Bandara Kenyam yang tiba dari Wamena dengan membawa sembako,” katanya. Pesawat saat itu sebenarnya sudah parkir di bandara, namun dari arah Alguru atau Kali Kenyam, tiba-tiba ada penembakan ke arah pesawat sehingga seluruh awak pesawat menyelamatkan diri.

Kapolres Nduga mengungkapkan terdengar bunyi tembakan sebanyak 15 kali dan peluru yang di lepaskan KKB mengenai beberapa bagian pesawat. Antara lain. Dan depan tangki bahan bakar. Dan dua titik di badan pesawat. Pilot M. Farhan Fachri di laporkan mengalami luka lecet karena terjatuh saat melarikan diri, sedangkan rekannya. Co-Pilot Reza Ariestha Ragainaga. Tidak mengalami cedera.

Kedua awak pesawat sudah di terbangkan ke Timika setelah di jemput pesawat milik Sam Air.

Kapolres Nduga mengungkapkan selain menghujani pesawat Sam Air dengan peluru, KKB pimpinan Egianus Kogoya juga menembak kendaraan yang berada di sekitar bandara sebelum mereka melarikan diri ke hutan setelah anggota TNI-Polri balas menembak KKB.

Kelompok kriminal bersenjata di laporkan menembaki pesawat Asian Ones yang hendak mendarat di bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Akibatnya pesawat tersebut kembali ke Timika tanpa menurunkan barang yang dibawanya,” kata Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Aminggaru,

Dia menjelaskan, dari laporan yang di terimanya awalnya pesawat kargo milik Asian One itu hendak landing, namun terdengar dua kali bunyi tembakan sehingga pilot pesawat memutuskan mendarat dan memutar balik arah kembali ke Timika. Saat hendak memutar itu terdengar kembali bunyi tembakan namun tembakan itu tidak mengenai badan pesawat.

“Tidak ada korban jiwa ataupun benda dalam insiden tersebut. saat insiden itu terjadi ada tiga pesawat kargo lainnya yang terbang di belakang pesawat Asian One namun akhirnya kembali ke Timika.