Kematian Aktivis Papua Merdeka Filep Karma

Kematian Aktivis Papua Merdeka Filep: Aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan atas kasus kecelakaan laut yang menewaskan aktivis Papua Merdeka, Filep Karna (62) di Pantai Base-G Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Mackbon mengatakan warga menemukan korban dalam kondisi tidak bernyawa pada Pukul 05.00 WIT. “

Kematian Aktivis Papua Merdeka Filep Karma

Warga yang hendak menyelam menangkap ikan, kemudian menemukan korban sudah tergeletak dengan kondisi tubuh membengkak. Dari hasil identifikasi korban di ketahui bernama Filep Karna (62), warga Dok V Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Menurut Kapolresta, korban saat ini sudah berada di RS Bhayangkara Jayapura. “Korban sudah di lakukan visum. Namun tidak di temukan adanya tanda-tanda kekerasan,” terang.

Atas temuan tersebut. Warga kemudian melaporkan kepada aparat kepolisian. Saat ini jenazah aktivis Papua Merdeka tersebut telah di evaluasi ke RSUD Dok II. Jenazah masih di rumah sakit. Belum tahu jenazah mau di semayamkan di Jayapura atau Biak,” ucapnya. Sebelumnya warga pantai Base-G Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura, Papua digegerkan dengan penemuan mayat pria yang diduga korban akibat tenggelam.

Di samping itu, kata Kapolresta, pihak keluarga menolak di lakukan autopsi terhadap jenazah korban. “Pihak keluarga menolak autopsi dan kami akan membuat pernyataan penolakan guna mengantisipasi adanya hal-hal tidak di inginkan terjadi di kemudian hari,” ujar Victor. Pihak keluarga menyebutkan komunikasi terakhir dengan korban pada 27 Oktober 2022 lalu.

Keluarga menyebutkan korban keluar rumah dengan tujuan ingin menyelam untuk menangkap ikan,” ucapnya.

Semenjak tidak ada kabar, pihak keluarga juga tidak melaporkan kejadian hilangnya korban kepada aparat kepolisian,” tambahnya. Berdasarkan informasi Filep Karna pernah di kabarkan hilang pada Desember 2021 lalu ketika hendak menyelam menangkap ikan di perairan Skouw, Distrik Muara Tami Kota Jayapura.