Ekonomi Papua Tumbuh Lebih Tinggi

Pertumbuhan ekonomi Papua pada triwulan II 2022 tumbuh tinggi sebesar 14,38 persen (yoy). Lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Nasional yang sebesar 5,44 persen (yoy). Pertumbuhan ekonomi Papua di dorong oleh pertumbuhan pertambangan dan penggalian, serta transportasi. Dari sisi permintaan, pertumbuhan di sumbangkan oleh konsumsi rumah tangga.

Transaksi ekonomi masyarakat yang tercermin pada beberapa indikator keuangan maupun sistem pembayaran ikut mendorong pertumbuhan ekonomi. Kredit konsumsi pada triwulan II 2022 tumbuh 6,37 persen (yoy). Lebih tinggi di banding triwulan maupun tahun sebelumnya. Nilai transaksi ATM + Debit juga tumbuh melejit sebesar 43,13 persen (yoy).” kata Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua. Juli Budi Winantya Kota Jayapura terkait perekonomian Papua terkini.

Ia juga menjelaskan UMKM memainkan peran penting bagi perekonomian Indonesia maupun Papua, terlihat dari tingginya pangsa UMKM terhadap jumlah perusahaan, serapan tenaga kerja maupun sumbangan PDB Penting untuk UMKM memaksimalkan penggunaan teknologi digital agar dapat terus bersaing di era digital,” jelasnya.
Termasuk pengoptimalan tol laut dapat menurunkan biaya pengiriman dan menjadi salah satu strategi untuk mengendalikan inflasi, sehingga penting untuk terus memanfaatkan tol laut bagi pelaku perdagangan antar daerah.

Klaim Ekonomi Papua Barat Tumbuh 6 Persen Lebih

Tumbuhnya ekonomi Papua Barat pasca Covid-19, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Barat, dan salah satu lembaga perbankan yang ada Manokwari, Papua Barat. Puji Tuhan pertumbuhan ekonomi kita sudah naik. Saya masuk satu bulan pertama itu minus perkembangan ekonomi kita. Kemarin saya dapat laporan dari BPS, dan juga dari pimpinan Bank Indonesia di Manokwari, pertumbuhan ekonomi kita 6 plus,” jelasnya saat menghadiri pembukaan Rakerda IV BPD HIPMI Papua Barat, di Kaimana.

Di katakan Waterpauw, pertumbuhan ekonomi di daerah lain di Indonesia baru mencapai 5 persen. Pertumbuhan ekonomi di Papua Barat capai angka 6 persen menurutnya, sudah mulai menggairahkan. Pertumbuhan ekonomi di Papua Barat, capai 6 persen di lakukan sentuhan atau gerakan sederhana di bidang ekonomi.

“Kita mencoba memanfaatkan potensi-potensi di sekitar tempat tinggal kita. Kemarin kami buat acara di Manokwari yakni pameran sekaligus masakan nusantara, yang menghadirkan 100 tenda. Kita serahkan sepenuhnya kepada masyarakat, untuk kelola melalui UMKM,” katanya. Dia menyebutkan inflasi di Papua Barat 2 persen lebih, jika di bandingkan 5 wilayah lain di Sumatera yang inflasinya cukup tinggi.